Thursday 16 January 2014

6. The Armor of God >_<"

image

          Life is a war. Yup, sebenernya hidup itu peperangan. "Peperangan apa maksudnya? Perang? Loh, hidup damai kan lebih enak, wolees aja kalii~". Pasti banyak yang mikir gini. Sebenernya setiap detik dari hidup kita adalah peperangan. Ada suatu peperangan rohani yang ga pernah berhenti yang terjadi di alam roh sampai tiba kedatanganNya yang kedua kali.




"karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa,melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat  di udara."
(Efesus 6:12)

Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.
(1 Petrus 5:8)
      Seringnya manusia engga sadar akan apa yang terjadi. Kebanyakan bersantai dan menyebutnya "menikmati hidup", padahal di tengah santainya mereka, justru saat itulah si jahat mencari celah. Iblis itu makhlk yang sangat rajin, dia ga berhenti mencari celah dan menjatuhkan manusia ke dalam dosa, iblis semakin bergiat karena dia tau bahwa waktu penghakiman itu engga lama lagi. Herannya, manusia itu santai-santai padahal keberadaan mereka terancam. Mereka engga berjaga-jaga karena mereka engga sadar, mereka engga sadar bahwa waktunya sudah semakin dekat, mereka engga sadar bahwa sebenarnya iblis sudah mengintip dan siap menerkam.

      So, it must be important to use the armor of God! Apakah itu perlengkapan perang rohaniNya Allah? Ada kok tertulis di Efesus 6:10-20. Ini diaa, yang aku share ulang di sini dan didapetin dari sini.
  1. First of all is "Berdiri Tegap".  Jelas banget kalo mau perang yang dilakukan pertama adalah berdiri dengan teguh, tanpa keraguan atau rasa gentar. Kemenangan berasal dari TUHAN, tetapi kekalahan diakibatkan ketakutan kita untuk berperang.  Ingatlah, bahwa ROH yang ada di dalam kita, jauh lebih besar daripada yang ada di dalam dunia. Rasa takut atau kekhawatiran hanya akan membuat kita kalah sebelum berperang. INGATLAH, Kemenangan adalah bagian setiap kita anak-anakNya, jadi claim janji itu dan berdirilah teguh melihat dengan mata iman kemenangan yang akan kita rebut.
  2. "Ikat Pinggang Kebenaran". Ikat pinggang mempunyai fungsi untuk melekatkan pakaian dan senjata ke tubuh kita.  Tanpa ikat pinggang maka akan menjadi sangat tidak nyaman untuk bergerak dengan segala perlengkapan perang yang harus dibawa.  Ikat pinggang membuat seorang Prajurit dapat bergerak dengan luwes dan efektif.  Sama seperti saat hidup kita  benar sesuai Firman TUHAN. Prajurit yang paling dihormati dan disegani adalah mereka yang memiliki integritas, kejujuran dan kebenaran sesuai kehendak Firman TUHAN. Pakailah ikat pinggang ini agar semua peralatan lainnya juga bisa terpasang di tubuh kita. Hiduplah dengan bena sesuai FirmanNya.
  3. Selanjutnya adalah "Baju Zirah Keadilan". Keadilan berbicara tentang bagaimana perilaku kita terhadap oranglain. Hukum yang terutama adalah mengasihi TUHAN dengan segenap hati, jiwa dan pikiran kita.  Hukum terutama yang kedua yang sama kuat dengan hukum yang pertama adalah mengasihi sesama kita seperti kita mengasihi diri kita sendiri. Keadilan berbicara bagaimana kita bertindak benar kepada orang lain.  Saat kita tidak mengasihi atau berbuat yang tidak benar pada orang lain, justru itulah yang akan membuat celah pada serangan iblis.  Tetapi waktu kita mengasihi, itulah yang akan melindungi hati kita dari semua hal-hal negatif, asumsi-asumsi tidak baik yang sering iblis coba tanamkan dalam hati kita. Hati-hati terhadap intimidasi Iblis~
  4. "Kasut Kerelaan Memberitakan Injil".  Menarik sekali TUHAN menggunakan kata kerelaan dalam senjata yang satu ini.  Kita diminta untuk memberitakan Injil, namun pertanyaannya apakah kita rela melihat semua orang menerima YESUS sebagai TUHAN dan Juruselamat ?  Kita bisa menjawab ya, tetapi bagaimana kalau orang yang dimaksud adalah orang yang menyakiti hidup kita, atau orang-orang yang mungkin demikian jahat sehingga rasanya tidak mungkin mereka bertobat ?  Tetapi ingatlah bahwa BAPA mengasihi semua orang (Yoh 3:16) dan memberikan kesempatan kepada semua orang untuk bertobat.  Bagian kita adalah bekerja ("berjalan") tanpa henti dengan kerelaan hati untuk memberitakan Injil dan membawa jiwa-jiwa kepada pertobatan kepada ALLAH BAPA.  Ketika Injil diberitakan maka belenggu-belenggu dilepaskan dari cengkraman iblis.  Inilah peperangan rohani untuk merebut jiwa-jiwa dari cengkraman iblis. Remember that Salvation isn't a selfish thing.
  5. Selanjutnya, "Perisai Iman".  Ingatlah, kita semakin hari semakin masuk dalam tingkat peperangan rohani yang makin tinggi.  Iman adalah perisai yang ampuh untuk melawan serangan panah api si jahat.  Iman adalah yang melekatkan kita kepada kekuatan kuasa-Nya.  Bagi mereka yang melekat pada-Nya, maka janji TUHAN dalam Mazmur 91 berlaku padanya. Walk based of His Words, not by what you feel or what you think, because faith is made up by listening His Words. 
  6. "Ketopong Keselamatan".  Ketopong adalah suatu pelindung kepala (helm tempur).  Iblis akan mencoba menyerang tubuh kita, hati kita dan pikiran kita.  Dalam pikiran kita yang paling diserang adalah keyakinan kita bahwa kita sudah selamat di dalam YESUS KRISTUS.  Orang yang tidak yakin akan keselamatannya, tidak akan pernah bisa melayani sesama dengan baik karena fokusnya masih banyak kepada dirinya sendiri.  Itulah sebabnya seorang Prajurit KRISTUS harus memiliki keyakinan bahwa apapun boleh terjadi dalam hidupnya karena dirinya sudah diselamatkan oleh Darah dan Kasih YESUS KRISTUS; tidak ada lagi alasan untuk takut terhadap apapun juga. Ingatlah identitas kita adalah anak Allah dan jangan mau tertipu oleh intimidasi Iblis, kita sudah bebas dan merdeka sepenuhnya karena Salib-Nya.
  7. Pedang ROH yaitu Firman Allah.  Setiap kali iblis berusaha menyerang YESUS, Dia selalu melawan dengan Firman Allah.  Demikian juga dengan kita: lawanlah iblis dengan Firman Allah.  Firman Allah suatu pedang bermata dua yang ampuh melawan serangan dalam bentuk apapun dari iblis.  Demikian kuatnya Firman TUHAN sehingga Alkitab mencatat bahwa langit dan bumi akan lenyap, tetapi Firman TUHAN akan tinggal tetap.
  8. And the last is "Berdoa dan Permohonan".  Ini bukan sekedar berdoa biasa, tetapi berdoa yang berjaga-jaga dan permohonan yang tidak putus-putus untuk segala orang Kudus.  Ini adalah bentuk doa dimana kita saling memperisaikan satu-sama-lain. Belajarlah untuk tkun bersyafaat bagi orang-orang disekitar kita.  Doa semacam ini membangun suatu jaringan perisai yang kuat yang akan sangat sulit untuk ditembus oleh iblis.  Berdoalah supaya kita terjadi celah dan anak-anak TUHAN tidak menjadi lengah.  Berdoalah juga untuk Indonesia agar damai sejahtera TUHAN berkuasa menaungi bangsa dan negeri kita. Berdoalah sampai sesuatu terjadi. Ingatlah, Iblis selalu berusaha mencuri jawaban doa kita.
image


         Berjuanglah, berperanglah, bertandinglah sampai ke garis akhir. Tuhan gak bilang ini mudah, masa2 yang akan datang memang akan menjadi semakin sulit, tapi Dia berjanji bahwa penyertaanNya yang setia gak akan meninggalkan kita. Karena sebenernya menurut aku, Tuhan itu lebih dari cukup kok untuk bertahan menghadapi segalanya.

        Jesus is My Top Priority. Jesus, You more than enough for me. Pegang janjiNya, perkatakan janjiNya, imani, dan tekunlah berdoa. Sangkallah diri yang bermalas-malasan, lawanlah intimidasi Iblis yang menyerang identitas anak Allah padamu. Datang dan kembalilah ke kamar doa. Engga ada lagi sumber kekuatan selain datang kepadaNya.

         Bangkitlah dan berjuanglah para Pahlawan Allah. Lihatlah mahkota kehidupan tersedia di hadapanmu bagi setiap yang setia dan menyelesaikan pertandingannya hingga akhir.

Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman.

Sekarang telah tersedia bagiku mahkota kebenaran yang akan dikaruniakan kepadaku oleh Tuhan, Hakim yang adil, pada hari-Nya; tetapi bukan hanya kepadaku, melainkan juga kepada semua orang yang merindukan kedatangan-Nya.

-2Timotius 4:7-8

Keep fighting! Tetaplah berjaga-jaga!
Jesus leads~ :D
image

0 comments:

Post a Comment

 
Blog Template by Delicious Design Studio